Cari Berita
slide image slide image slide image slide image slide image slide image slide image slide image
Link Goverment
Agenda
«
april 2015
»
MO
TU
WE
TH
FR
SA
SU
 
 
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25


Bupati Bandung Serahkan DP4 pada KPU Kab. Bdg
Bertempat di Gedung Moh. Toha, Rabu (07/2) kemarin, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bandung beserta Biro Pemerintahan Umum menggelar acara kegiatan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Kesiapan Pemilihan Umum serta Penyerahan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dari Pemerintah Daerah kepada KPU Kabupaten Bandung Tahun 2013. Acara yang dihadiri oleh Bupati Bandung, H. Dadang M. Naser, SH, S.Ip ini dimaksudkan sebagai bentuk pelaksanaan koordinasi dan sosialisasi terhadap pemilihan umum yang akan berlangsung nanti, yakni pada saat pemilihan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur pada 24 Februari 2013 mendatang serta pemilihan Presiden tahun 2014.

Pada kesempatan itu juga, Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang merupakan bahan acuan untuk daftar pemilihan pemilu 2014 pun telah diserahkan secara resmi oleh Bupati Bandung, H. Dadang M.Naser, SH, S.Ip. kepada Ketua KPU Kabupaten Bandung, Osin Permana. Hal demikian dilaksanakan sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 bahwasannya Pemerintah dan Pemerintah Daerah secara serentak menyerahkan DP4 dengan beberapa tahapan mekanisme penyerahan sebagai berikut, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Luar Negeri menyerahkan kepada Ketua KPU, Gubernur menyerahkan kepada Ketua KPU Provinsi, Bupati/Walikota menyerahkan kepada Ketua KPU Kabupaten/Kota. Penyerahan DP4 tersebut merupakan bagian tahapan yang sangat penting dalam penyelenggaraan Pemilu, karena merupakan bahan yang akan diproses lebih lanjut oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui penyusunan dan pengumuman DPS (Daftar Pemilih Sementara) hingga menjadi DPT (Daftar Pemilih Tetap).

DP4 (Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu) yang diserahkan merupakan pemilihan dari database kependudukan secara keseluruhan dengan proses akurasi data secara maksimal dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang berasal dari pemerolehan akumulasi proses pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil. Akurasi data yang diperoleh tersebut meliputi pemutakhiran data kependudukan, penerbitan NIK (Nomor Induk Kependudukan) serta penerapan e-KTP (KTP Elektronik) yang efektif dapat mengidentifikasi adanya data ganda penduduk.

Dengan dan telah dilaksanakan serta diserahkannya DP4 (Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu) secara serentak pada Rabu (07/2) oleh Pemerintah dan Pemerintah Daerah kepada KPU (Komisi Pemilihan Umum) dengan demikian KPU sudah dapat memproses lebih lanjut tahapan pemutakhiran data pemilih, penyusunan DPS (Daftar Pemilih Sementara) sampai dengan penetapan DPT (Daftar Pemilih Tetap).

2013-02-08 02:15:07

DISDUKCAPIL MERIAHKAN HUT KAB.BANDUNG KE 374

Turut serta memeriahkan HUT Kabupaten Bandung yang ke-374 Dinas Kepe...[selengkapnya]


Antusias Warga Arjasari Penuhi Yandu

Kecamatan Arjasari, Rabu (22/04/2015) lalu memperoleh pelayanan terpadu sabilulungan yang digelar...[selengkapnya]


YANDU DATANGI KECAMATAN MAJALAYA

Rabu, (15/4/2015) dilaksanakan Pelayanan Terpadu Sabilulungan Akta Kel...[selengkapnya]


Penerapan e-KTP, Permudah BNN Lacak Narkotika

Kamis,...[selengkapnya]


GELAR KEMBALI ISBAT NIKAH DI BALEENDAH

Pemerintah Kabupaten Bandung melalui Dinas Kependudukan dan Pencatat...[selengkapnya]


Web Statistic

© Bidang Pendayagunaan Data dan Informasi Kependudukan