Dukung P2wkss Disdukcapil Berikan Pelayanan Dan Sosialisasi

  • Rabu, 09 Mei 2018 budhiartisevhiane

    Dalam rangka mendukung Program Peningkatan Peran Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) di Kabupaten Bandung, Dinas Kependudukan dan Pencatatan (Disdukcapil) Kabupaten Bandung turut memberikan partisipasi/ dukungan berupa pelayanan perekaman dan pencetakan KTP elektronik (KTP-el) dan pelayanan Akta Kelahiran sebagai rangkaian dari kegiatan Sosialisasi Administrasi Kependudukan bagi 100 Kepala Keluarga (KK) Binaan P2WKSS di Balai Desa Ciaro Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung, Rabu (9/5/18) kemarin.

    “Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan informasi mengenai pendaftaran akta-akta pencatatan sipil, pendaftaran penduduk dan juga meningkatkan pemahaman terhadap pentingnya dokumen kependudukan melalui sosialisasi administrasi kependudukan sebagai upaya menuju terwujudnya tertib administrasi kependudukan”, ungkap Drs. H. Asep Hendia, M.MPd selaku Ketua Penyelenggara dalam kegiatan sosialisasi tersebut. 

    Senada dengan itu, Kepala Disdukcapil Kabupaten Bandung, Drs. H. Salimin.,M.Si dalam sambutannya juga menjelaskan bahwa administrasi kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi administrasi kependudukan serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain. Oleh karena itu, diharapkan masyarakat untuk dapat menyadari akan pentingnya administrasi kependudukan dengan cara melaporkan diri atas keberadaannya maupun perubahan-perubahan atau kejadian peristiwa penting kependudukan.

    Selain itu beliau juga mengharapkan dengan diselenggarakannya Sosialisasi Administrasi Kependudukan bagi 100 Kepala Keluarga (KK) Binaan P2WKSS dapat dijadikan bekal dan pengetahuan serta dapat juga disebarluaskan informasi yang diperoleh kepada masyarakat lainnya khususnya bagi masyarakat di Kampung Tegallame RW 07 Desa Ciaro Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung sebagai lokasi diterapkannya P2WKSS ini.

    Dari pelayanan yang dilaksanakan di lokasi P2WKSS tersebut, diketahui jumlah pemohon yang dilayani dalam perekaman dan pencetakan KTP-el adalah sebanyak 123 orang dan untuk pelayanan pembuatan Akta Kelahiran sebanyak 277 pemohon dengan proses pencetakan dilakukan ditempat. Menurut Atikah, salah satu warga Tegallame yang hadir mengikuti kegiatan sosialisasi dan membuat Akta Kelahiran putranya menuturkan “Dengan mengikuti sosialisasi ini memberikan pengetahuan kepada saya akan pentingnya akta, KTP-el dan dokumen kependudukan lainnya dan dengan adanya pelayanan dari Disdukcapil juga memudahkan saya membuat akta kelahiran”, tuturnya.   

  • 15 Dec