Disdukcapil Perpanjang Pelayanan Ktp-el

  • Selasa, 26 Juni 2018 budhiartisevhiane

    Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung membuka pelayanan pembuatan Surat Keterangan Pengganti KTP elektronik (KTP-el) hingga pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat pada Rabu (27/6/18) besok. Saat ditemui diruang kerjanya pada Selasa (26/6/18), Kepala Disdukcapil (Kadisdukcapil)  Kabupaten Bandung, Drs. H. Salimin, M.Si menjelaskan bahwa “Menjelang Pilgub Jabar, pada hari ini Disdukcapil memperpanjang waktu pelayanan perekaman KTP-el terutama pencetakan Surat Keterangan (Suket) Pengganti KTP-el hingga malam hari dan kita juga akan membuka pelayanan besok pada hari penyelenggaraan Pilgub di 31 kantor kecamatan hingga pukul 12.00 WIB”.

    “Pelayanan ini kita maksimalkan, karena sebagai upaya Disdukcapil membantu memenuhi kebutuhan warga menjadi peserta pemilu yang mana syarat utama dalam pencoblosan adalah harus membawa KTP-el atau Suket Pengganti KTP-el. Jadi, kita fasilitasi hak pilih warga yang akan melakukan perekaman atau yang akan mencetak Suket, terutama bagi warga yang pada tanggal 27 Juni genap berusia 17 tahun bisa langsung melakukan permohonan pelayanan KTP-el ke kecamatan”.

    Beliau juga mengatakan bahwa yang masih belum melakukan proses perekaman KTP-el sekitar 100.000 penduduk dari jumlah wajib KTP yaitu 2.500.000. “Penduduk yang belum melakukan perekaman tersebut  diketahui berada di luar wilayah Kabupaten Bandung seperti sedang bekerja di Luar Negeri, bila demikian sesuai intruksi dari Kemendagri kita akan abaikan dahulu hingga mereka kembali ke wilayah Kabupaten Bandung”, ucap Kadisdukcapil.

    Selain itu, ada sekitar 272 warga binaan yang berada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Bandung sudah dapat memberikan hak pilihnya pada Pilgub Jabar karena sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Bandung dan sudah memiliki KTP-el atau Suket Pengganti KTP-el. “Kita sudah melakukan jemput bola pelayanan perekaman KTP-el sebelumnya dan memberikan sosialisasi terkait dokumen kependudukan, sehingga mereka sudah terdaftar di DPT dan sudah bisa memberikan hak pilihnya”, tuturnya. Kadisdukcapil pun berharap bagi warga yang belum memiliki dokumen kependudukan diharapkan dapat memanfaatkan pelayanan dari Disdukcapil hari ini dan besok dengan sebaikmungkin.   

  • 25 Sep