Disdukcapil Turut Sambut Tim Verifikasi P2wkss

  • Kamis, 13 September 2018 budhiartisevhiane

    Kampung Tegallame RW 07 Desa Ciaro, Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung kembali dinilai oleh Tim Verifikasi Akhir Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat (P2WKSS) tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2018. Tim Verifikasi yang diketuai oleh Dr. Hj. Neni Alyani, SE.,M.MPd disambut langsung oleh Bupati Bandung, H. Dadang M. Naser, SH.,S.IP.M.Ipol beserta Ketua TP PKK Kabupaten Bandung, Hj. Kurnia Dadang M. Naser, jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Aparat Desa, Tim TPP PKK Tingkat Kecamatan dan Desa serta warga Desa Ciaro, pada Rabu (12/9/2018).

    Dalam sambutannya, Bapak Bupati menjelaskan bahwa program ini bertujuan untuk mendorong peningkatan perempuan dengan menggunakan pola pendekatan lintas bidang pembangunan, terkoordinasi dan diarahkan kepada peningkatan kesejahteraan keluarga guna mencapai tingkat hidup yang berkualitas. “Program P2WKSS ini harus berkelanjutan, baik dalam pembangunan infrastruktur, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat, program ini harus terus berdampak positif bagi keberlangsungan kehidupan di Desa Ciaro Kecamatan Nagreg dari berbagai aspek, sehingga mampu bangkit dan menjadi desa yang maju,” ungkapnya.

    Disamping itu, Ketua TP PKK Desa Ciaro, Elis Fatimah, S.Pd.I menyampaikan laporannya terkait pelaksanaan P2WKSS di Desa Ciaro, Kecamatan Nagreg bahwa di lokasi binaan P2WKSS tercatat 806 warga dengan jumlah laki-laki 408 jiwa dan 398 jumlah perempuan serta jumlah KK sebanyak 217. Adapun jumlah Tahapan Keluarga Sejahtera diantaranya 20 Keluarga Pra Sejahtera, 150 Keluarga Sejahtera I dan 47 Keluarga Sejahtera.

    Menurutnya, Pembinaan yang diberikan berupa bantuan fisik dan nonfisik dilaksanakan oleh FKBS, PKK, Perguruan Tinggi, CSR, Perbankan dan Perangkat Daerah (PD) Kabupaten Bandung salah satunya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung yang turut mendukung program P2WKSS dengan memberikan dukungan berupa bantuan Non Fisik yakni diantaranya Sosialisasi Administrasi Kependudukan, Pelayanan Akta Kelahiran dan Perekaman KTP Elektronik (KTP-el) bagi bagi 100 Kepala Keluarga (KK) binaan.

    Terkait dengan penilaian, Ketua Tim Verifikasi P2WKSS Tingkat Provinsi Jawa Barat, mengatakan “terdapat 8 (delapan) kriteria penilaian diantaranya pengecekan lokasi pelayanan, pelatihan, bantuan yang dberikan, inovasi yang dikerjakan, mitra perbankan dan perguruan tinggi, pembangunan infrastruktur dan pembangunan tempat ramah anak dan lainnya. Verifikasi/ pengecekan lokasi binaan P2WKSS ini sudah dilakukan sejak 2017 hingga saat ini. Menurutnya, verifikasi akhir P2WKSS ini akan diambil 10 desa terbaik di Jawa Barat dan semoga Desa Ciaro menjadi juara Tingkat Provinsi Jawa Barat”, ungkapnya.

  • 15 Dec