Disdukcapil Laksanakan Layanan Jemput Bola Perekaman Ktp-el Sesuai Intruksi Kemendgari

  • Jumat, 28 Desember 2018 budhiartisevhiane

    Sebagai upaya percepatan perekaman data KTP Elektronik atau KTP-el sesuai instruksi dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dihimbau serentak secara  nasional kepada 514 Kabupaten/ Kota untuk dapat melakukan perekaman KTP-el dengan cara jemput bola di daerah pada Kamis (27/12/2018).

     Langkah tersebut merupakan upaya untuk mengejar kekurangan sisa 2,6% masyarakat yang belum melakukan perekaman informasi sebagimana tertuang dalam Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Nomor : 471.13/ 24150/ Dukcapil tanggal 17 Desember 2018 yang ditujukan kepada seluruh Bupati/ Walikota se-Indonesia.

    Pelayanan jemput bola perekaman KTP-el serentak secara nasional ini diarahkan kepada pemilih pemula yang berada di SMA/ SMK, pondok pesantren atau masyarakat pemilih yang berada di rumah tahanan/ Lembaga Pemasyarakatan serta tempat lainnya yang terkonsentrasi seperti perusahaan, perkantoran dan tempat usaha lainnya.

    Prinsipnya seluruh jajaran Disdukcapil daerah terus melakukan pelayanan jemput bola sepanjang ada masyarakat yang belum melakukan perekaman KTP-el baik individu, komunitas masyarakat, perusahaan, pabrik-pabrik, perumahan-perumahan, pengelola apartemen dan lain sebagainya yang terhubung oleh jajaran Disdukcapil baik pusat dan daerah untuk dilakukan perekaman KTP-el.

    Berdasarkan hasil pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelayanan administrasi kependudukan, di Desa Bojongmalaka Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung diketahui bahwa perekaman KTP-el mencapai 101 orang yang langsung dilakukan pencetakan Surat Keterangan Pengganti KTP-el. Untuk perekaman jemput bola Disabilitas, Lansia dan Orang Sakit tepatnya di RW. 06 sebanyak 3 orang dan di RW. 07 sebanyak 8 orang, sedangkan untuk perekaman jemput bola ke Panti Asuhan/ Sosial dilakukan ke Yayasan Bhakti Pertiwi, Kelurahan Manggahang sebanyak 27 orang.

  • 26 Mar